Kamis, 18 Juni 2020

Tips Menyendawakan Bayi Newborn





Moms seringkali kita temui kasus pada beberapa bayi newborn yaitu muntah atau yang sering disebut dengan istilah gumoh setelah menyusu. Hal ini dikarenakan bayi baru lahir belum bisa makan secara efisien dan menelan banyak udara saat menyusu. Untuk membantu bayi mengeluarkan kelebihan gas setelah menyusu moms dapat menyendawakannya. Meski belum ada penelitian yang membuktikan cara ini disinyalir cukup efektif untuk mengatasinya. Oleh karena itu, di bawah ini saya bagikan beberapa tips saat menyendawakan bayi newborn :

1. Saat menyendawakan bayi dengan cara menggendong, pastikan tubuh moms tegak baik menggendong berdiri ataupun duduk. Jangan sampai posisi tubuh bayi tidak nyaman.

2. Taruh dagu bayi di pundak moms, dan gunakan tangan moms untuk menyanggah tubuh bayi dari bawah saat menyendawakan dengan posisi menggendong. Jangan sampai perutnya tertekan.

3. Moms juga bisa membiarkan tubuh bayi menyender di tubuh moms agar bayi nyaman saat bersendawa. Jangan lupa tetap menopangnya dengan tangan Moms ya.

4. Usap dan tepuk punggung bayi secara perlahan dan lembut saat menyendawakannya. Jangan sampai terlalu keras, karena tubuh bayi mewborn masih sangat rentan.

5. Moms bisa juga meletakkan kain atau ij tangan di bahu moms untuk alas jika bayi muntah saat bersendawa.

6. Moms juga bisa menyendawakannya dengan posisi tengkurap, dengan cara meletakkan posisi kepala bayi lebih tinggi dari tubuhnya.

7. Biarkan bayi bersendawa sehabis menyusu, dan pastikan bayi bersendawa dahulu sebelum berpindah payudara untuk menyusu kembali.

8. Untuk posisi tengkurap Moms juga bisa memposisikan bayi Moms dengan kemiringan 45° , lalu menepuk dan mengusap punggungnya secara perlahan.

9. Pastikan badan bayi lurus dan tidak meringkuk, agar udara mudah keluar.

10. Moms perlu menangkupan tangan saat menepuk dan mengusap punggung bayi agar tidak terlalu keras.

11. Jika sudah 2 menit namun bayi belum bersendawa, Moms harus menghentikan kegiatan ini.

12.Jika bayi Moms masih rewel bisa coba menyendawakannya dengan posisi lain yang lebih nyaman untuk bayi Moms.

13. Jika bayi Moms rewel setelah disendawakan , Moms bisa mengatasinya dengan memijat lembut perut bayi moms.

14. Moms juga bisa menggerakan kedua tungkai bayi Moms seperti mengayuh sepeda.

15. Jika berbagai cara tidak berhasil, Moms harus membawa bayi Moms ke dokter anak untuk konsultasi dan mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sekian tips dari saya yang saya simpulkan dari berbagai sumber dan pengalaman saya, semoga bermanfaat Moms.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar